Kepemimpinan Otentik: Apa Itu dan Mengapa Penting?

Kepemimpinan Otentik: Apa Itu dan Mengapa Penting?

Pendapat yang dikemukakan oleh kontributor Pengusaha adalah milik mereka sendiri.

Dalam lanskap bisnis yang terus berubah, kami melihat betapa pentingnya memiliki pengembangan kepemimpinan otentik yang dibangun untuk bertahan lama. Mereka yang telah berhasil mengembangkan merek mereka telah belajar untuk menerapkan secara strategis apa yang mereka ketahui tentang diri mereka sebagai individu untuk menciptakan hubungan yang lebih bermakna dengan orang lain — koneksi yang pada akhirnya mendorong kesuksesan bisnis setiap hari.

Gaya kepemimpinan otentik tidak sulit dikenali. Baik itu Mark Zuckerberg yang berbicara di Balai Kota Facebook dengan tudung, atau Jeff Bezos yang mengenakan piyama yang meningkatkan kesadaran akan kanker masa kanak-kanak, kita biasanya dapat mengetahui kapan seorang pemimpin autentik — dan ketika mereka hanya muncul dengan celana olahraga atau lab mantel atau memakai tuksedo ke suatu acara, karena itu adalah syarat masuk.

Untuk membantu mengurangi kebisingan dan kebingungan seputar topik-topik ini, fokus di sini adalah menjawab dua pertanyaan kunci: Apa itu pengembangan kepemimpinan yang autentik? Dan mengapa itu penting?

Apa itu kepemimpinan otentik?

Sementara definisi konsep ini telah berkembang dari waktu ke waktu dan mungkin memiliki arti yang berbeda untuk setiap individu, banyak yang setuju bahwa itu hanyalah menjadi diri sendiri — di tempat kerja dan kehidupan secara umum. Ini berarti bertindak secara konsisten berdasarkan nilai-nilai inti Anda sehingga Anda dapat dipercaya oleh komunitas Anda.

Apa yang bukan kepemimpinan otentik:

Menjadi diri sejati Anda terlepas dari konsekuensinya (yaitu, kemarahan, penghinaan, dll.)Mengintimidasi atau mengambil keuntungan dari orang lain untuk keuntungan pribadiBersikap benar-benar transparan tentang segala sesuatu dalam hidup AndaBerfokus hanya pada kebutuhan dan keinginan diri sendiri dan berpura-pura bahwa Anda peduli pada orang lainMenyajikan penampilan luar bayangan yang tidak kongruen dengan bayangan bagian dalam

Pengembangan kepemimpinan yang otentik dimulai dengan membangun kepercayaan dan kerentanan antara Anda dan anggota tim Anda. Untuk membangun kepercayaan dalam diri Anda sebagai seorang pemimpin, sangat penting bagi Anda untuk jujur ​​— dan itu termasuk mengakui ketika Anda salah atau tidak memiliki semua jawaban. Anda juga harus dapat mengomunikasikan secara jujur ​​apa yang Anda harapkan dari anggota tim sambil secara bersamaan mendengarkan ide-ide mereka serta kekhawatiran yang mungkin mereka miliki tentang proyek atau hubungan kerja dalam tim.

Terkait: 22 Kualitas Yang Membuat Pemimpin Hebat

Ciri-ciri pemimpin autentik

Karakteristik kepemimpinan yang otentik berasal dari filosofi menjadi diri sendiri dan prinsip Anda, yang pada gilirannya mengarah ke lingkungan kerja yang lebih positif dan tim yang lebih efektif. Tapi apa artinya menjadi otentik?

Kesadaran diri: kemampuan untuk memahami pikiran, emosi, dan perilaku Anda sendiri. Transparansi: kemampuan untuk jujur ​​dan apa adanya — terutama ketika Anda salah atau membuat kesalahan. Kecerdasan emosional: pengaturan diri, motivasi, empati, kesadaran sosial dan hubungan yang baik dengan orang lainEmthy: memahami apa yang orang lain rasakan atau pikirkan (agar Anda dapat membantu mereka) Open-mindedness: memiliki sudut pandang terbuka yang memungkinkan Anda menerima ide atau informasi yang berbeda tanpa menghakimiSelf-reflective : melihat diri sendiri secara objektif secara teratur dan memberikan umpan balik yang tulus tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan atau melakukan sesuatu dengan lebih baik di lain waktu

Bagaimana kita menciptakan keaslian?

Ketika kita berpikir tentang otentisitas dalam keterampilan kepemimpinan, kita harus bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana kita menciptakan otentisitas?” Itu adalah pertanyaan besar yang dapat mengambil banyak bentuk. Bagaimana kita menciptakan keaslian dalam gaya kepemimpinan kita, dalam perilaku kepemimpinan kita? Tetapi yang paling penting, bagaimana kita menginspirasi keaslian dalam tim kepemimpinan kita?

Ada banyak jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini, tetapi tema pemersatu yang paling umum untuk semuanya adalah bahwa dibutuhkan waktu, niat, dan latihan. Langkah pertama adalah memahami apa arti otentik. Demi ini, saya akan menggunakan definisi ini: Authentic = unfiltered — ekspresi tanpa filter tentang siapa Anda sebagai seorang pemimpin. Dengan kata lain, jadilah dirimu sendiri. Itulah yang menciptakan keaslian.

Terkait: Mengapa Penting untuk Berbicara sebagai Pemimpin Bisnis

Bagaimana menjadi pemimpin yang otentik

Merek kepemimpinan Anda terdiri dari dinamika yang kompleks — seperti bagaimana Anda berperilaku, bereaksi, dan berinteraksi dengan berbagai kelompok atau individu dalam berbagai situasi, dan bagaimana Anda sebagai pemimpin berinteraksi dengan orang lain untuk menghasilkan hasil yang luar biasa.

Keterampilan kepemimpinan yang otentik adalah gaya kepemimpinan yang menekankan pentingnya bersikap jujur ​​dan tulus dalam berurusan dengan orang lain. Itu juga berarti bersiap untuk menjadi rentan, menepati janji dan mengakui ketika Anda salah.

Jujur dan tulus: Pemimpin otentik menemukan cara untuk menyampaikan niat tulus mereka melalui kata-kata dan tindakan. Mereka menggunakan transparansi dan kejujuran untuk membangun kepercayaan di antara anggota tim, yang pada akhirnya melampauinya ke audiens yang lebih besar. Bersiaplah untuk menjadi rentan: Para pemimpin sejati, seperti Martin Luther King dan Nelson Mandela, mampu mencapai hal-hal hebat karena mereka siap menjadi rentan cukup untuk mengambil risiko di depan rekan-rekan mereka untuk membuat perubahan terjadi. Konsisten: Keaslian berarti Anda mengatakan apa yang Anda maksud dan melakukan apa yang Anda katakan! Pemimpin sejati tidak berkeliling memberi tahu orang satu hal dan kemudian melakukan hal lain. Keaslian dan kredibilitas muncul ketika terjadi konsistensi antara apa yang Anda katakan dan lakukan. Perilaku (tindakan) Anda harus selalu sesuai dengan kata-kata Anda. Jika tidak, perbaiki dan buatlah sesuai. Perjelas tentang nilai-nilai inti Anda: Apa prinsip-prinsip inti yang memandu bagaimana Anda menjalani hidup Anda? Apa prinsip panduan untuk cara Anda bekerja? Apa yang paling penting dalam hidup? Saat orang memahami apa yang penting bagi Anda, mereka tahu posisi Anda dalam masalah atau topik tertentu, yang membantu mereka lebih memahami keputusan atau tindakan Anda.

Bisnis dan kepemimpinan otentik

Di era informasi yang salah dan disinformasi, para pemimpin otentik menjadi CEO baru, dan menjadi otentik adalah cara yang ampuh untuk membedakan diri Anda dari pesaing Anda. Keaslian mengeluarkan yang terbaik dari orang lain, yang berarti tidak ada yang akan menghalangi Anda untuk mencapai misi Anda. Keaslian tidak hanya membuat orang lebih baik sebagai individu, tetapi juga membuat budaya perusahaan lebih kuat dan produktivitas yang lebih besar secara keseluruhan.

Terakhir, keaslian adalah fondasi kepercayaan — dan jika ada satu hal yang dibutuhkan setiap bisnis, itu adalah membangun kepercayaan dengan para pemangku kepentingannya! Artikel ini mencoba membantu Anda mempelajari bagaimana kepercayaan dan keaslian menguraikan beberapa manfaat tersebut di sini, sehingga mereka menjadi pertimbangan utama saat membuat keputusan tentang bagaimana Anda ingin merek Anda terwakili dalam situasi tertentu.

Singkatnya, penting juga untuk memahami bahwa kepemimpinan tidak hanya berarti menjadi pemimpin di tempat kerja. Itu berarti menjadi pemimpin yang kuat yang benar-benar membuat perbedaan di mana pun dia berada — termasuk keluarga dan teman Anda, komunitas Anda, semua orang, dan segalanya.

Author: Adam Reed